GPS

Posted by under
GPS atau singkatan dari Global Positioning System merupakan suatu teknologi pemantau posisi di bumi yang memanfaatkan teknologi satelit. Sampai saat ini mungkin orang masih enggan menggunakan perangkat GPS. Karena dirasa fungsinya sebagai penunjuk jalan kurang bermanfaat. Karena sudah banyak yang hafal akan areanya. Namun kini GPS dengan aplikasi peta digital terbaru, memiliki fungsi yang semakin menarik. Berikut beberapa fungsi GPS.

 mengetahui koordinat suatu lokasi

Pada awalnya GPS lebih banyak digunakan untuk keperluan menentukan koordinat suatu lokasi di belahan bumi. Meskipun hingga kini fungsi itu masih bisa dinikmati. Informasi yang diperoleh dari fungsi ini yaitu berupa titik lintang dan bujur sangkar.

 penunjuk arah jalan (navigasi)

Dengan bantuan peta digital,GPS kini berkembang menjadi suatu layanan penunjuk arah jalan suatu area secara real time. Fungsi ini sangat membantu bagi mereka yang bepergian ke suatu area yang belum pernah atau jarang dikunjungi.

 simulasi routing

Fasilitas yang sati ini memang berfungsi untuk mencari dan menunjukan arah jalan dari suatu lokasi awal ke lokasi yang dituju. Penunjukkan arah ditampilkan dalm tampilan arah panah bergerak sepanjang jalan yang dilalui.

 mencari alamat

Mungkin saat ini untuk menemukan suatu alamat anda masih bertanya – tanya pada orang lain dijalan. Dengan fungsi yang ada pada peta digital, anda cukup mengetikkan alamat yang dicari kemudian biyarkan aplikasi peta digital tersebut mencarinya. Kemudian hasilnya akan ditunjukkan pada tampilam peta.

 men-share lokasi ke orang lain

Terkadang anda mempunyai janji untuk bertemu dengan seseorang di suatu tempat, namun yang tahu lokasinya hanya anda. Jangan kwatir anda bisa men-capture lokasi tersebut yang kemudian bisa dikirim via SMS,MMS atau bluetooth ke ponsel/perangkat GPS rekan anda.

 city guide

Fasilitas ini juga berfungsi untuk mencari lokasi-lokasi menarik di suatu daerah. Namun informasi yang diberikan lebih lengkap

 foto satelit

Fasilitas ini baru dihadirkan pada aplikasi Nikia Maps yang terbaru,yaitu Nokia Maps 2. faslitas ini memungkinkan anda mendownload via internet foto suatu daerah. Foto ini merupakan hasil pemotretan yang dilakukan satelit. Tapi memang foto ini tidak bersifat real time,jadi foto tersebut merupakan hasil pemotretan pada waktu yang lalu.

0 comments: